Pages

Membangun Jaringan LAN (Local Area Network)

Kebutuhan akan perangkat komputer untuk saat ini bukan lagi kebutuhan sekunder, tetapi menjadi kebutuhan primer. Bagaimana tidak, dalam jenjang pendidikan SD saja komputer sudah mulai diperkenalkan dan ditingkat selajutnya sudah menjadi mata pelajaran pokok. Sekarang hampir setiap rumah memiliki paling kurang 1 unit komputer, lalu bagaimanakah jika anda memiliki lebih dari satu komputer dan ingin komputer anda terhubung satu sama lain?

Baiklah saya akan mencoba membantu anda untuk membangun sebuah jaringan komputer sederhana.

Alat-alat yang dibutuhkan:

- Card LAN (biasanya sudah ada untuk setiap PC atau Notebook)
- Kabel LAN (saya anjurkan menggunakan merek Belden) secukupnya
- 2 buah socket RJ45
- Tang Crimping (tang khusus yang digunakan untuk memasang socket pada kabel)

Menyiapkan kabel jaringan

Untuk kabel LAN terdapat 8 buah kabel dengan warna yang berbeda-beda (sesuai urutan):
1. Putih biru
2. Biru
3. Putih orange
4. Orange
5. Putih hijau
6. Hijau
7. Putih coklat
8. Coklat

Parlu anda ketahui dalam penyusunan jaringan LAN terdapat dua macam susunan kabel yaitu straight dan cross. Untuk susunan straight, urutan kabel pada setiap ujung konektor sama dan digunakan untuk sebuah jaringan yang menggunakan HUB, dan jumlah alat yang terhubung lebih dari dua.



Sedangkan susunan cross hanya untuk koneksi langsung antara dua buah komputer.



Karena kita hanya membahas koneksi langsung antara dua komputer maka susunan kabel yang kita gunakan adalah susunan cross.



Langkah kerja:

Potong ujung kabel menggunakan pemotong yang sudah ada pada tang crimping, buka selubung utama kabel kira-kira sepanjang 1 cm. susun urutan kabel berdasarkan port seperti diatas. Setelah selesai potong ujung-ujung kabel supaya rata dan pasang socket RJ45, usahakan kabel yang masuk sampai mentok. Gunakan tang untuk menjepit RJ45 sehingga pin-pin yang ada menyentuh kabel, hati-hati karena jika socket sudah terpasang dan terjadi kesalahan maka anda harus menggantinya dengan socket yang baru.
Setelah selesai pasang kabel pada port LAN yang ada, sekarang kita tinggal mengkonfigurasi System Operational (SO) nya (disini saya menggunakan Windows XP SP 2).

Klik Start --> Control Panel --> Network Connection --> Set up a home or small office network --> Next --> Next --> Pilih Local Area Connection, centang Ignore Disconnect Network Hardware --> Next --> Jika anda memiliki koneksi internet pilih salah satu computer mana yang langsung terkoneksi internet (jika tidak maka pilh Other) --> Pilih This computer belong to a network that does not have an internet connection --> Next --> isi Field yang ada --> Next --> Workgroup (isi dengan nama koneksi anda) --> Next --> (jika ada pirinter yang terhubung dan ingin digunakan secara bersama-sama) pilih Turn on file and Printer sharing --> Next --> Just finish the wizard --> Next --> Finish.

Lakukan langkah diatas untuk kedua komputer.

Konfigurasi IP

Klik Start --> My Network Place --> View Network Connection --> klik kanan pada Local Area Connection, properties --> Pilih Internet Protocol (TCP/IP), properties --> pilih Use this following IP address (masukkan IP default 192.168.1.0, subnet mask otomatis akan terisi) --> OK.

Gunakan IP yang berbeda untuk setiap komputer, misalnya 192.168.1.0 : 192.168.1.1 : dst….
Restart komputer kemudian anda jalankan run (jika komputer yang lain anda beri IP 192.168.1.1) ketik: ping 192.168.1.1 --> ok. Maka jika koneksi anda berhasil akan nada tulisan reply from 192.168.1.1 …., berarti koneksi anda telah berhasil.

Sharing File dan Printer

Jika anda ingin membolehkan pengguna komputer lain mengakses file anda lakukan langkah berikut:

Klik kanan folder (lokasi file yang akan dibagi), sharing and security, pilih tab sharing, centang Share this folder on the network, beri nama atau biarkan saja sesuai dengan nama folder aslinya. Ada satu lagi pilihan jika anda ingin pengguna komputer lain mengubah file anda maka Allow Network Users to Change My File harus anda centang juga.

Untuk sharing printer (untuk komputer yang tidak terhubung langsung dengan Printer):

Start --> Printers and Faxes --> Add a Printer --> A Network Printer --> Connect to this printer --> (ketik nama komputer/nama printer) jika anda bingung ketik saja IP komputer tempat printer terpasang, pastikan komputer dalam keadaan On --> Next --> Finish

Sekarang anda telah memiliki jaringan komputer dirumah anda….

Image Source: LittleWhiteDog.com

Tutorial

No comments: